Senin, 25 Februari 2013

TIPS LOLOS USM STAN versi SAYA

Dari pengalamanku berjuang untuk melanjutkan studi ke STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), maka ada beberapa TIPS praktis yg bisa kalian pahami dan ikuti (jika kalian mau) agar bisa lolos USM STAN.
1.      Siapkan diri sedini mungkin. Dalam arti bahwa, saat SMA kalian harus sudah punya bayangan jika nanti kalian lulus, kalian ingin melanjutkan studi ke universitas yang mana. Biar kalian bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk universitas yang dituju..
2.      Harus punya niat. Untuk bisa lolos USM-nya itu gak mudah. Kalo yang kalian pilih adalah STAN untuk melanjutkan studi kalian, maka kalian harus punya niat. Harus punya! Karena jika kalian ga punya niat atau cuma asal-asalan ikut USM-nya, bisa-bisa kalian gagal. Juga sebaliknya. Jika kalian punya niat untuk ikut USM-nya, maka itu akan mendorong & memotivasi kalian untuk berjuang maksimal agar bisa lolos USM STAN. 
3.   Banyaklah berdoa. Doa adalah segalanya dan diyakini sebagai nafas hidup orang percaya. Jika kalian sudah mempersiapkan diri dengan baik dan sudah punya niat namun tidak dilandasi dengan doa, maka semuanya PASTI akan sia-sia. Akan tetapi, jika semuanya dilandasi dengan doa, maka kalian akan lihat sendiri hasilnya. Kebesaran dan mujizat Tuhan akan terjadi atas kalian, dan kalian pasti lolos.
4.      Banyak berlatih soal-soal latihannya. Doa tanpa usaha tentu tidak akan menghasilkan apa-apa. Nihil! Usaha yang dimaksud disini adalah kalian gak disuruh untuk mengangkat beban yg beratnya ribuan ton, tetapi banyak berlatih soal-soal latihannya. Waktu yg diperlukan untuk memahami seluruh bagian bentuk soalnya tidaklah sedikit. Tidak cukup sebulan (bagi yang belum memahami dengan benar). Jika perlu, saat lulus SMA, kalian harus dibiasakan dengan soal-soal latihanya sambil menunggu pengumuman penerimaan mahasiswa baru STAN dibuka. Ingat, orang yang lolos USM bukanlah orang yang pintar (pintar bukan jaminan), tetapi orang yang banyak berlatih soal-soal latihannya. Percaya atau tidak, silahkan dibuktikan.
5.      Sabar dan optimis. Mengapa? Terkait dengan poin nomor 4, kalian akan merasa cepat jenuh, capek, bosan, atau bahkan berhenti berlatih saat kalian gak mampu lagi menjawab soal-soal yang kalian anggap sangat sulit. Pasti, kalian akan mengeluh dan bilang “saya sudah tidak sanggup lagi. Saya tidak bisa”. Ingatlah pada pepatah “sengsara membawa nikmat dan Bisa karena biasa”. Jangan hanya sedikit capek dan gak mampu lagi jawab, kalian langsung nyerah dan gak mau lagi berlatih. Kalian bisa. Cuma kalian yg gak bisa mendorong diri kalian untuk tetap berusaha. Ini sangat bahaya dan berakibat fatal. Kalian harus sabar dan tetap optimis dalam mengerjakan semua bentuk soalnya. Kesabaran kalianlah yg akan menuntun kalian memasuki gerbang STAN. Percayalah! Sebaiknya dalam berlatih, soal yg dianggap sulit kalian harus berlatih 3-4 kali, agar kalian menjadi terbiasa dan mampu menaklukan soal-soal tersebut.
6.      Usahakan agar lolos tryout STAN. Biasanya menjelang USM STAN, ada yg namanya tryout STAN. Disini, kemampuan kalian diuji seberapa jauh kalian memahami soal-soal USM STAN. Kesempatan yg sangat bagus jika kalian bisa lolos tryout STAN. Karena yg lolos tryout-nya akan mendapatkan bimbingan belajar (bimbel) yang tentunya bermanfaat bagi kalian agar bisa lolos USM STAN. Akan tetapi, bagi yang gak lolos tryout (kayak saya), jangan sedih dan pesimis. Mulailah belajar sendiri. Yg ikut bimbel belum tentu semuanya lolos loh. (kayak saya, gak lolos tryout tapi lolos USM :).. )
7.      Serius. Ini yang penting. Jika kalian tidak serius dan hanya main-main, kalian jangan bermimpi untuk bisa menjadi mahasiswa/i STAN. Apalagi peserta yg ikut USM-nya tuh katakanlah hanya ikut untuk meramaikan. Itu yang lebih parah lagi. Kalo gak serius, lebih baik gak usah ikut USM-nya. Karena percuma waktu dan tenaga kalian terkuras jika gak lolos USM-nya.
8.      Tenang, cepat, dan cerdik. Ini juga penting jika kalian sementara dalam keadaan ujian (khusus saat tes potensi akademik dan tes bahasa inggris sedang berlangsung). Jika mental kalian tenang, maka konsentrasi kalian juga akan ikut tenang. Singkatnya aku katakan, Kerjakanlah yang dianggap mudah terlebih dahulu. Biasanya, rasa penasaran pada soal akan menguras waktu dan tenaga kalian. Hindarilah itu! Waktunya sangat singkat. Dalam TPA&TBI, kalian harus lolos nilai mati (jawaban benar harus 1/3 dari jumlah soal pada tiap bagiannya). Jumlah soal kan ada 180, yang terdiri dari 120 untuk TPA dan 60 untuk TBI. Jadi minimal, kalian harus benar 40 untuk TPA dan 20 untuk TBI. Tapi, saingan kalian pinter-pinter loh. Lolos dengan nilai standar gak menjamin sekalipun kalian bisa mencapai nilai mati. Bisa saja saingan kalian yg poin-nya lebih tinggi dari kalian, merekalah yg lolos. Jadi usahakanlah dalam mencapai nilai mati, waktu yang terbuang gak banyak. Setidaknya masih ada sedikit waktu untuk menambah bobot nilai kalian. Kemudian, cerdik yg dimaksud adalah BUKAN MENYONTEK pada saat pengawas tidak melihat. Tetapi, berpura-puralah seakan-akan kalian tahu menjawab semua soal dengan baik. Yah, sekedar untuk menekan mental lawan gituloh..okeee :)
(jika kalian ingin memahami TIPS mengenai bagaimana sikap dan kondisi saat ada dalam ruangan ujian, serta apa yg harus dilakukan, dll, kalian boleh mencari info dari sumber-sumber lainnya).
9.      Rendah hati. Sepintar-pintarnya kalian tapi kalian tidak rendah hati, percuma. Org yang sombong akan sulit berhasil. Apalagi untuk USM kali ini ada 4 tahap. Jangan sombong jika baru lolos beberapa tahap. Ingat, ada tahap-tahap lain yg sama sulit dari tahap sebelumnya. Tetaplah rendah hati agar Tuhan memberikan belas kasihan. Niscaya, kalian pasti lolos.
10.  Sebaiknya jangan dulu pacaran dalam masa-masa persiapan USM STAN. Disini aku gak melarang kalian untuk ga boleh pacaran saat persiapan untuk USM. Boleh-boleh saja. Cuma godaan yg datang tuh dahsyat banget. Misalnya putus sama pacar, pacarnya selingkuh, dsb. Bersyukur bagi yang nahan godaannya. Tapi kalo yg gak nahan, konsentrasi kalian bisa hancur. (Kayak aku putus sama pacarku…hehehe curhat ni eee) Tapi syukur aku bisa nahan godaannya walau hampir bikin konsentrasiku hancur. Kalo kalian sedang punya masalah seperti ini, apalagi waktunya berpapasan dengan akan dilaksanakannya USM STAN, waaaaahhhh..bahaya! kalian gak akan fokus. Percaya deh! Ato kalo gak mau kisahnya kayak gini, baiknya janjian dulu deh sama pacarnya kalo dalam masa-masa USM, kalian jangan dikecewain. Kalo pacar kalian syg sama kalian, pasti dia bisa ngerti dan gak akan kecewain kalian.
11.  Jaga kesehatan. Aku jadi ingat pepatah yg mengatakan bahwa “Kesehatan bukan segalanya. Tapi tanpa kesehatan, segalanya tidak ada”. Keren kan? Kalo kesehatan kalian terganggu, gimana kalian bisa mengikuti semua tahap seleksi dengan maksimal? Jadi, kesehatan perlu dijaga. Atur pola makan kalian, banyaklah berolahraga dan istirahat yang cukup. Supaya kalian benar-benar fit dalam mengikuti USM-nya. Pengen jadi mahasiswa/i STAN kan ? Pengen cepet dapet kerja kan ? pengen banggain org tua kan? Jagalah kesehatan kalian :)..

Demikianlah beberapa tips dari aku bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke STAN. Semoga bermanfaat yaa.. aku doakan kalian lolos..AMIN
Selamat berjuang :)

3 komentar:

  1. Luar biasa kak, tips nya. :D
    smoga bisa ku terapkan.
    hehe
    Mohon doanya ya kak
    mau ikut Usm STAN tahun ini.
    Smoga bisa lulus.
    Amin :)

    BalasHapus